Minggu, 21 September 2014
Modifikasi CB GL100 GLseries
Modifikasi CB GL100 GlSeries
Sekarang sudah sangat sulit untuk menemukan Honda CB Original, Dari CB K0 keluaran tahun 19970" kemudian K1 kemuaran tahun 1971, K2 (1972) K3 (1973) sampai K5 keuaran tahun 1975. Maka dari itu pecinta motor clasic dan motor antik merasa kerepotan mencari honda CB yang masih orisinil/Orikitiiilll... hehhe
Jadi meskipun ada yang ingin menjual motor Honda CB entah K0 sampai K5 kondisinya pun akan kurang bagus dan di samping kondisi kendaraan kurang bagus alias apakadarnya harga juga sangat kurang bersahabat, banyak yang mengeluhkan mahalnya honda CB orisinil itu. Padahal dulu sebelum tahun 2005 an honda CB seperti itu harganya tidak lebih dari Rp.1,500,000,00 alias Satu Juta Lima Ratus Ribu rupiah, dengan kondisi yang masih di bilang lumayan bagus lah. Dan sekarang harga sebuah motor Honda CB dari keluaran pertama sampai terahir sudah mencapai Rp, 3,5000,000,00 alias Tiga Juta Lima Ratus Ribu rupiah.. Wooowwhhh... Sangat tinggi bukan dengan kondisi sepeda motor seperti itu dan tahun yang sangat tua. Itu belum untuk memodifikasi untuk menjadi lebih trendi seperti ini Woowhhhh....... Sangat mengiurkan hehehehe
Perlu membutuhkan biaya yang sangat lebih lagi untuk menjadi kan seperti itu. Kalo di hitung secara kotor alias enaak pasti banget.
- Beli motor CB dengan kondisi yang ala kadarnya Harga Rp. 3,5jt/3jt
- Merombak tampilan dari Shok Depan shok belakang kalo menggunakan Tiger 200 harga sekitar 500ribu an kalo makai Gl pro original harga nya 300rbu an.
- Dan harga Shok belakang sekitar 300rbu baru itu mengunakan shok megapro/Gl pro sama saja, kalo mau lebih gahar menggunakan shok Tiger revo dengan harga ori copotan motor 600rbu.
- Menggunakan sapit urang bawan aslinya motor kurang begitu kuat jadi utuk meminimalisir terjadinya hal yang enggak di inginkan maka harus di ganti dengan mengunakan sapit urang atau SwingArm yang lebih besar dan biasanya mengunakan Tiger modofikasi, harga kisaran 150 ribu sudah termasuk di cat dan bos" nya.
- Bagian tengki dan Jok tidak harus di ganti.
- Sekarang masuk ke bagian paling sakral heehee..... Yaitu mesin. Banyak yang menggunakan mesin oplosan alias luarnya CB/GL dalaman Tiger Brayy....
Mengenai mesin untuk yang kantong dompet nya tebal saran saya untuk membli part yang orisinil/bawaan motor. Sekarang banyak yang menjual barang-barang 2nd atau second dengan kondisi yang masih baru dan itu sangat terjamin asliannya karena copotan motor langsung. Seperti head atau sering di sebut Blok kop. Harga nya untuk kop nya saja 600ribu, jangan kwatir untuk kantong yang kurang mampu, ada pilihan sama-sama blok tiger tapi cina. Harga kurang dari 500ribu rupiah.Kalo ingin paketan sama blok sheker juga ada biasanya sekitar harga 1,2juta sudah termasuk isi kop dan shekerUiihh..... di hitung buat beli motor dan untuk modif nya mahalan modif nya ya Broo.....Ya itu kalo sudah niat jangan sambat/ngomel "Ragat CB ora oleh sambat" orang jawa bilang artinya "Kalau mau biayai CB jangan ngeluh". hhheYuuppsss...... Kop blok kop nya sudah, sekarang masuk lagi ke bagian lebih dalam yaitu masih ada Ratio, Bandul, dan hous kopling atau di sebut Ronsel.Ketika blok kop sudah di ganti menggunakan Tiger dan Bandul masih menggunakan asli nya Jelas itu tidak akan bisa di pasag karena panjang setang untuk Honda tiger lebih panjang dari pada CB/GL karena CC nya juga sudah beda, Gl/cb 100-125 cc dan tiger sudah 200 cc. Jadi harus ganti bandul sekalian.Harga bandul Tiger lama/tilam tiger 2000 masih di harga 700-900 ribu ruiah untuk copotan motor ori. - Dan jangan kwatir jika tidak punya unag lebih untuk beli bandul tiger ori, tersedia bandul tiger juga tapi Cina... dengan harga 500rbu rupiah, dengan kualitas tidak jauh beda dengan tiger ori.
Masuk lagi, ke bagian mesin yaitu di bagian rasio, dan Ronsel di bagian itu kita perlu sedikit berpikir karena pendapat saya ada beberapa option yaitu - ketika Gigi Rasio menggunakan rasio tiger dan Ronsel masih menggunakan Asli bawaan motor akan terasa pendek napas yang di dapat. karena ronsel masih makai yang asli nya tapi tenaga terasa sangat powerfull, tarikan sangat cepat sekali di dapat.
- Ketika keduanya menggunakan Tiger napas motor akan sangat terasa panjang karena karakter tiger mempunyai napas yang panajang, kelemahan nya tarikan kurang powerfull.
- Dan ada juga yang di oplos menggunakan Ronsel megapro dan rasio tiger,banyak yang mengadopsi seperti itu, karena tenaga tarikan dapat napas juga trasa panjang.
- Yang lebih rumit lagi menggunakan Rasio oplosan menggunakan campuran dengan beberapa jenis motor, seperti Ketika rasio menggunakan 6speed N 1-2 menggunakan Cb 125, 3-4 menggunakan megapro .5-6 menggunakan tiger. performa tarikan sangat enteng dan napas juga sangat terasa panjang tidak terputus atau bisa di bilang tenaga tidak habis-habis.
Setelah mesin kita masuk lagi ke bagian kaki kaki, Di atas kitasudah membahas kaki-kaki. Sudah di ganti shok depan ,belakang dan Swing Arm, Sekarang mulai dari pengantian Velek kebayakan mengunakan Velek Rosi, Comet, DID (vlek bawaan Tiger atau megapro) atau TDR yang banyak sekali model ada yang setengah lingkaran bahan almunium, bahan besi warna juga menyesuwaikan.
Dengan mulai dari Vlek yang di pakai ukur 185/17 ke atas merek DID, kengan kisaran harga 190ribu untuk ukuran vlek 185/17 itu di pasang untuk bagian depan, yang belakang mengunakan ukuran 215/17 dengan merek yang sama DID kisaran harga 240ribu an.
Jangan lupa makai tromol yang mendukung juga, biasanya makai tromol bawaan motor, yang depan makai tromol tiger dan belakang makai tromol tiger juga, supaya keliatan strong kuat karena besar tromol bawan tiger.
Skarang masuk ke pasangan nya ban.. heheheheh
Kalau ban itu tergantung selera masing-masing penguna motor, di saat ini teman saya banyak yang mengunakan ban ukur 80/90 depan dan belakang 90/80. Agak keliahan kecil sih, tapi itu tadi memang selera masing-masing.

Bagian selanjutnya mempercantik dengan membelikan lampu depan dan lampu belakang lamou riting.Seperti di atas.
Kaki -kaki sudah mempercantik sudah mesin sudah, Next.... Bagian kelistrikan lebih simpel menggunakan kabel body megapro atau tiger dengan kisaran harga 250-350 ribu rupiah copotan motor. Belum termasuk Kuil kiprok CDI dan Flaser dan sepul. Kita bahas lebih lagi mengenai ini...
Kuil, banyak yang mengunakan bawaan tiger, begitu juga Kiprok dan flaser, Untuk CDI banyak teman saya yang mengunakan CDI shogun Kebo/shogun lama dan harus yang asli ya kawan, karena limiter RPM bisa di besarkan atau di modifikasi harga CDI shogun kebo di kisaran harga 300rbu dan ongkos modifikasi 50-100 ribu.
Jika punya uang lebih mending beli CDI merek BRT banyak jenis di kisaran harga 700-1jt an dan Kuil mengunakan KTC di kisaran harga 200-300 rbu.
Setelah pengapian atas sekarang mulai dengan pengapian bawah, karena pengapian bawah bawaan motor kurang bagus menghasilkan listrik pengapian, jadi harus di ganti, di ganti mengunakan sepul Grend atau megapro yang lebih bagus mengunakan tiger. mahnit mengunakan asli nya juga tidak apa-apa tapi baik nya di ganti mengunakan Grend atau di atas nya Gl pro neotec. Itu akan menghasilkan listrik yang lebih besar lebih baik. Dan juaga pulser nya. PIC
Akhir nya penantian panjang berahir sudah... Kringat dan uang yang keluar sama banyak nya bercucuran ke balas sudah dengan hasil yang memuaskan
Kuil, banyak yang mengunakan bawaan tiger, begitu juga Kiprok dan flaser, Untuk CDI banyak teman saya yang mengunakan CDI shogun Kebo/shogun lama dan harus yang asli ya kawan, karena limiter RPM bisa di besarkan atau di modifikasi harga CDI shogun kebo di kisaran harga 300rbu dan ongkos modifikasi 50-100 ribu.
Jika punya uang lebih mending beli CDI merek BRT banyak jenis di kisaran harga 700-1jt an dan Kuil mengunakan KTC di kisaran harga 200-300 rbu.
Setelah pengapian atas sekarang mulai dengan pengapian bawah, karena pengapian bawah bawaan motor kurang bagus menghasilkan listrik pengapian, jadi harus di ganti, di ganti mengunakan sepul Grend atau megapro yang lebih bagus mengunakan tiger. mahnit mengunakan asli nya juga tidak apa-apa tapi baik nya di ganti mengunakan Grend atau di atas nya Gl pro neotec. Itu akan menghasilkan listrik yang lebih besar lebih baik. Dan juaga pulser nya. PIC
Hampir selesai perjuangan untuk membangun.... Hahahahaha NAPAS DULUUU.......
Banyak bukan biaya nya hehehehhe.......
Sekarang sudah kepasang semua kan aksesoris dan mesin ban kelengkapan lain-lain.
Tinggal mari masuk ke dapur pengecatan,,,,, Go Go gooooo.......
Masalah cat sesuka hati kalian mau cat yang seperti apa dan biaya untuk pengecatan juga relatif ada yang mahal dan juga ada yang murah.
AND THIS IS NOW
Akhir nya penantian panjang berahir sudah... Kringat dan uang yang keluar sama banyak nya bercucuran ke balas sudah dengan hasil yang memuaskan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar