HARE PERMASALAHAN CB DAN SOLUSI MENGATASINYA
malem gan semua penghuni trit HOSTICUS..
mau share permasalahan CB yang dialami sm agan gohardian dan agan optimusnexus hari kemaren dan hari ini
semoga bisa jadi pengetahuan dan buat antisipasi temen2 semua pengguna CB
1. masalah CB Agan gohardian [aki drop / mati / konslet]
permasalahn yg dialami sm agan gohardian kemarin yaitu motor lagi dipake (keadaan lagi jalan) tiba2 semua lampu jadi redup dan ga lama kemudian motor langsung mati gara2 aki tiba2 drop karena ada yang konslet.
dan ternyata permasalahannya ada di klakson denso yang konslet dan bau sangit, setelah itu konslet ke aki juga sehingga menyebabkan aki drop dan langsung game over begitu juga klaksonnya game over dan tau dong akhirnya setelah aki game over apa yg terjadi?
yah motor ga bisa hidup karena kelistrikan mati dan komponen PGMFI / injeksi tidak bisa berfungsi karena tidak mendapat supply listrik
(dibaca = CB mogok) loh ko bisa mogok? lah jelas mogok org nyawanya motor injeksi kan ada di kelistrikan, jadi semakin baik kelistrikan semakin baik kondisi motor dan tenaga pun pasti enak.
SOLUSI
solusinya untuk yg ini yah ganti aki baru
# dalam keadaan darurat seperti ini jangan panik, motor bisa di kick stater terus berkali2 sampai motor hidup kembali dan dengan memanfaatkan sisa tenaga yg tersimpan di capasitor bank tetapi hanya untuk sementara kurang lebih jarak 10 - 20KM dan motor agak ndut2an kaya bensin ga lancar (dengan catatan yg konsletnya harus udh ketemu dl kalo engga yah percuma
)
sebenernyya masalah konslet di klakson seperti ini bisa diatasi agar ga merembet ke aki dan instrumen kelistrikan yang lain, yaitu pada saat pemasangan klakson after market di beri relay dan sikring tambahan sebagai pengaman, jadi apabila terjadi konslet ga akan merusak part2 lain karena sikring akan putus (kebetulan agan gohardian ga pake sikring pas masang klaksonnya
) terus diusahakan agar pemasangan kabel serapih mungkin usahakan minim sambungan, dan kalaupun ada sambungan usahakan di solder lalu ditutup menggunakan bungkus kabel bakar kalo ga ada yah isolasi item tapi yg bagus jangan yang abal2 
2. masalah CB agan optimusnexus [Socket Spul Gosong / Kebakar]
permasalahn yg ini br aja tadi sore dialami sm agan optimusnexus
pas motor mau dipakai terus posisi kontak on tiba2 semua mati ga ada tanda2 kehidupan di bagian speedo meter. selanjutnya dilakukan pengecekan ke bagian sikring semua aman, dan sampe beli aki baru karena asumsi aki drop (padahal tadinya mau ane samperin buat cek dan test apa bener aki yang kena).
ternyata setelah aki ganti baru motor masih keadaan mati ga bisa idup di kick stater pun tetap tidak ada reaksi. dan akhirnya mulai mencari masalahnya dan akhirnya di cek bagian socket spul ternyata kondisi socket spul udah kebakar / gosong.
setelah tau socket spul kebakar akhirnya diputuskan motor buat dibawa ke bengkel
SOLUSI
untuk benerin socket spul gosong begini kalau mau di akalin supaya motor bisa idup harus di potong kabelnya yg gosong tadi terus di sambung langsung atau pasang socket baru yang begini
jangan lupa di kasih solasi hitam biar ga konslet setelah motor idup segera benerin ganti socket karenametode tadi hanya untuk keadaan darurat saja tidak dianjurkan digunakan untuk jangka panjang karena bisa berakibat fatal. kecuali kalo mau cbnya jadi gosong
# dalam keadaan darurat seperti ini jangan panik, motor bisa di kick stater terus berkali2 sampai motor hidup kembali dan dengan memanfaatkan sisa tenaga yg tersimpan di capasitor bank tetapi hanya untuk sementara kurang lebih jarak 10 - 20KM dan motor agak ndut2an kaya bensin ga lancar
nah untuk mengatasi socket spul yg kebakar harus ganti socket beserta rumah socketnya, tapi jangan asal ganti kalau bisa diganti terpisah
jadi gini :
socket spul yg asli 6 lobang jajar 2 total 6 kabel.
biar ga bingung liat penampakannya
mau share permasalahan CB yang dialami sm agan gohardian dan agan optimusnexus hari kemaren dan hari ini
semoga bisa jadi pengetahuan dan buat antisipasi temen2 semua pengguna CB
1. masalah CB Agan gohardian [aki drop / mati / konslet]
permasalahn yg dialami sm agan gohardian kemarin yaitu motor lagi dipake (keadaan lagi jalan) tiba2 semua lampu jadi redup dan ga lama kemudian motor langsung mati gara2 aki tiba2 drop karena ada yang konslet.
dan ternyata permasalahannya ada di klakson denso yang konslet dan bau sangit, setelah itu konslet ke aki juga sehingga menyebabkan aki drop dan langsung game over begitu juga klaksonnya game over dan tau dong akhirnya setelah aki game over apa yg terjadi?
yah motor ga bisa hidup karena kelistrikan mati dan komponen PGMFI / injeksi tidak bisa berfungsi karena tidak mendapat supply listrik
(dibaca = CB mogok) loh ko bisa mogok? lah jelas mogok org nyawanya motor injeksi kan ada di kelistrikan, jadi semakin baik kelistrikan semakin baik kondisi motor dan tenaga pun pasti enak.
SOLUSI
solusinya untuk yg ini yah ganti aki baru
# dalam keadaan darurat seperti ini jangan panik, motor bisa di kick stater terus berkali2 sampai motor hidup kembali dan dengan memanfaatkan sisa tenaga yg tersimpan di capasitor bank tetapi hanya untuk sementara kurang lebih jarak 10 - 20KM dan motor agak ndut2an kaya bensin ga lancar (dengan catatan yg konsletnya harus udh ketemu dl kalo engga yah percuma

sebenernyya masalah konslet di klakson seperti ini bisa diatasi agar ga merembet ke aki dan instrumen kelistrikan yang lain, yaitu pada saat pemasangan klakson after market di beri relay dan sikring tambahan sebagai pengaman, jadi apabila terjadi konslet ga akan merusak part2 lain karena sikring akan putus (kebetulan agan gohardian ga pake sikring pas masang klaksonnya


2. masalah CB agan optimusnexus [Socket Spul Gosong / Kebakar]
permasalahn yg ini br aja tadi sore dialami sm agan optimusnexus
pas motor mau dipakai terus posisi kontak on tiba2 semua mati ga ada tanda2 kehidupan di bagian speedo meter. selanjutnya dilakukan pengecekan ke bagian sikring semua aman, dan sampe beli aki baru karena asumsi aki drop (padahal tadinya mau ane samperin buat cek dan test apa bener aki yang kena).
ternyata setelah aki ganti baru motor masih keadaan mati ga bisa idup di kick stater pun tetap tidak ada reaksi. dan akhirnya mulai mencari masalahnya dan akhirnya di cek bagian socket spul ternyata kondisi socket spul udah kebakar / gosong.
Spoiler for Socket Spul Kebakar
![[HOSTICUS] Honda CB150R Streetfire Community on Kaskus](https://s.kaskus.id/r540x540/images/2015/05/21/1493273_20150521122020.jpg)
Spoiler for Socket Spul Kebakar
![[HOSTICUS] Honda CB150R Streetfire Community on Kaskus](https://s.kaskus.id/r540x540/images/2015/05/21/1493273_20150521122124.jpg)
Spoiler for Socket Spul Kebakar
![[HOSTICUS] Honda CB150R Streetfire Community on Kaskus](https://s.kaskus.id/r540x540/images/2015/05/21/1493273_20150521122155.jpg)
setelah tau socket spul kebakar akhirnya diputuskan motor buat dibawa ke bengkel
SOLUSI
untuk benerin socket spul gosong begini kalau mau di akalin supaya motor bisa idup harus di potong kabelnya yg gosong tadi terus di sambung langsung atau pasang socket baru yang begini
Spoiler for Male Socket + Female Socket
![[HOSTICUS] Honda CB150R Streetfire Community on Kaskus](https://s.kaskus.id/r540x540/images/2015/05/21/1493273_20150521122909.jpg)
jangan lupa di kasih solasi hitam biar ga konslet setelah motor idup segera benerin ganti socket karenametode tadi hanya untuk keadaan darurat saja tidak dianjurkan digunakan untuk jangka panjang karena bisa berakibat fatal. kecuali kalo mau cbnya jadi gosong

# dalam keadaan darurat seperti ini jangan panik, motor bisa di kick stater terus berkali2 sampai motor hidup kembali dan dengan memanfaatkan sisa tenaga yg tersimpan di capasitor bank tetapi hanya untuk sementara kurang lebih jarak 10 - 20KM dan motor agak ndut2an kaya bensin ga lancar
nah untuk mengatasi socket spul yg kebakar harus ganti socket beserta rumah socketnya, tapi jangan asal ganti kalau bisa diganti terpisah
jadi gini :
socket spul yg asli 6 lobang jajar 2 total 6 kabel.
biar ga bingung liat penampakannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar